FAQ

 

Apa itu alat penghemat listrik?

Alat penghemat listrik adalah suatu alat yang di ciptakan untuk menghemat beban jaringan listrik di rumah/ tempat usaha anda.

 

Apakah alat penghemat listrik ini bisa juga untuk listrik yang sistem pulsa?

Ya, alat penghemat listrik ini bisa untuk listrik yang sistem pulsa.

 

Jika saya menggunakan alat penghemat listrik ini  untuk instalasi jaringan listrik dirumah saya, apakah tidak akan merusak peralatan listrik lain ?

Tidak, karena alat penghemat listrik ini tidak merubah tegangan dalam jaringan, dan sebaliknya memperpanjang usia listrik, karena dapat membagi arus sesuai kebutuhan dan mencegah arus berlebihan masuk kedalam peralatan.

 

Bagaimana dengan garansi alat penghemat listrik ini?

Alat penghemat listrik ini  bergaransi selama 1( satu ) tahun. Garansi kerusakan bukan karena kesalahan pemakaian atau bencana alam, dan garansi uang kembali 100% apabila alat ini tidak terbukti dapat mengurangi pembayaran rekening listrik selama 2 bulan. (disertai bukti rekening 2 bulan sebelum pemakaian alat penghemat listrik ini dan 2 (dua) bulan setelah pemakaian alat penghemat listrik ini.

 

Jika saya menggunakan alat penghemat listrik ini untuk instalasi jaringan listrik dirumah saya apakah tidak akan merusak peralatan listrik lain ?

Tidak, karena alat penghemat listrik ini tidak merubah tegangan dalam jaringan, dan sebaliknya memperpanjang usia listrik, karena dapat membagi arus sesuai kebutuhan dan mencegah arus berlebihan masuk kedalam peralatan.

 

Berapa persen ( % ) penghematan yang didapat jika saya menggunakan alat penghemat listrik ini?

Penghematan yang diperoleh sekitar 10 % sampai dengan 40 % (Dalam hitungan Amphere) tergantung peralatan yang dipakai dalam jaringan dan lamanya pemakaian. Penghematan akan berbeda-beda dalam jaringan yang berbeda-beda karena besaran power faktor ( cos phi ) setiap peralatan listrik berbeda. Semua Peralatan bisa dihemat kecuali elemen(setrika, lampu pijar) atau alat yang sudah tertulis energy saving dan besaran penghematan tergantung dari peralatan listrik terpasang dan faktor daya di instalasi listrik.

 

Dengan alat apa dan bagaimana cara membuktikan alat penghemat listrik ini?

Penghematan dapat dibuktikan dengan mengukur jumlah arus yang masuk ke dalam jaringan pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan alat penghemat listrik dengan menggunakan Tang Ampere (Clamp Meter)atau Ampere Meter ( ACA ). Dengan kondisi beban yang sama ( menggunakan beban lampu neon lebih disarankan, karena lebih stabil, hindari lampu pijar, karena lampu pijar tidak bisa dihemat ). Tang Ampere diklem pada kabel masa ( warna hitam ) pada label diantara meteran ( MCB pusat dan MCB pembatas / pembagi ), atau pada kabel diatas meteran arah ke tiang listrik. Nilai ampere yang berkurang menunjukan jumlah arus yang masuk ke dalam jaringan berkurang, sehingga mengurangi daya aktif yang sedang digunakan.

 

Karena alat penghemat listrik bekerja menurunkan jumlah arus ( ampere ) dalam suatu jaringan listrik, apakah akan mengurangi kapasitas daya jaringan itu sendiri ?

Tidak, tidak mengurangi kapasitas jaringan, tetapi alat penghemat listrik ini menurunkan ampere pada beban yang sedang aktif sehingga pemakaian daya menjadi maksimal, bahkan sebaliknya kapasitas maksimal dapat dicapai dengan menggunakan kompensator daya alat penghemat listrik.

 

Apakah alat penghemat listrik ini dapat digunakan pada sistem jaringan listrik 3 phase ?

Dapat digunakan untuk jaringan listrik 1 phase ataupun listrik 3 phase, asalkan tegangannya ( voltage ) dibawah 250 V.

 

Bagaimana cara pemasangan / instalasi alat penghemat listrik pada suatu jaringan listrik ?

Alat penghemat listrik cocok untuk dipasang dirumah atau ruko atau industri kecil. Pertama harus dipastikan bahwa tegangan / voltage dibawah 250 V. Untuk jaringan 1 phase, unit dapat dipasang pada stop kontak dimana saja dalam jaringan. Buktikan dengan Tang Ampere, hasil yang sama akan diperoleh walaupun alat penghemat listrik dipasang pada stop kontak mana saja dalam jaringan. (Dianjurkan untuk tidak memasang alat ini pada stop kontak yang kendor atau sambungan/kombinasi; diusahakan untuk memasang pada stop kontak yang menempel di tembok [yang ada arde-nya]).Untuk jaringan 3 phase maka disarankan memakai mini capacitor bank yang dipasang pada masing-masing phase (R,S,T).

 

Dirumah saya sudah menggunakan peralatan listrik yang hemat energi (lampu hemat energy, AC dengan tingkat EER tinggi) apakah alat penghemat listrik masih dibutuhkan ?

Variabel yang menyebabkan pemborosan energi listrik sangat beragam, misalnya jaringan kabel yang sudah usang, tegangan jaringan yang tidak efisien, kondisi-kondisi ini dapat diperbaiki dengan pemasangan kompensator daya alat penghemat listrik . Untuk pembuktiannya ukur jaringan dengan Tang Ampere, sebelum dan sesudah pemakaian alat penghemat listrik.

 

Bagaimana segi legalitas dari alat penghemat listrik ? Apakah perlu izin khusus dari PLN ?

Alat penghemat listrik sama seperti beberapa produk sejenis yang berasal dari Luar negeri terdiri dari rangkaian kapasitor seperti halnya kapasitor bank untuk industri, begitupun cara kerjanya. Bahkan sesuai Inpres  no 10 tahun 2005 tentang penghematan energi, disarankan untuk memasang peralatan sejenis pada setiap jaringan listrik. Demikian halnya, maka tidak diperlukan izin khusus dari PLN, sebaliknya dengan menggunakan alat penghemat listrik pemakai telah membantu meringankan beban pada gardu induk PLN sehingga distribusi jaringan PLN pun menjadi efisien.

 

Apakah kompensator daya alat penghemat listrik juga berfungsi sebagai STABILIZER ? Karena ada produk sejenis yang mengklaim sebagai Stabilizer.

Tidak, alat penghemat listrik bekerja pada arus ( ampere ), sedangkan stabilizer bekerja pada besaran tegangan ( Volt ), tetapi secara tidak langsung membantu karena fungsi alat penghemat listrik sebagai SOFT START dapat mengurangi kejutan / tarikan awal peralatan listrik, sehingga berdampak positif pada fluktuasi tegangan.

Jika ada pertanyaan lain, silahkan ditanyakan dibawah ini: